Sirkuit terpadu / IC buatan Philips (sekarang diakuisisi oleh NXP Semiconductor) dengan nomor model SJA1000ini adalah sirkuit terpadu untuk mengarah-kendalikan CAN (controller area network) secara mandiri / stand-alone CAN controller.

Fitur IC SJA1000:
IC ini dikemas dalam kemasan plastik DIP 28-pin berbadan lebar (600 mil) / SOT117-1, tingkat tegangan catu daya tunggal 5 Volt baik untuk sirkuit pemroses logika, komparator masukan maupun pengarah-kendali sinyal keluaran.



Tentang CAN bus
CAN bus (ISO 11898) adalah jalur pertukaran data untuk kendaraan (vehicle bus) yang memungkinkan mikrokontroler dan peralatan lainnya berkomunikasi satu sama lain secara optimal.

Karakteristik penting pada vehicle busyang menyebabkan sistem ini bahkan diadopsi untuk aplikasi di luar otomotif antara lain:

  • Kepastian pengiriman pesan / pertukaran data (assurance of message delivery)
  • Pertukaran pesan bebas konflik (non-conflicting messages)
  • Kecepatan transmisi data (minimum time of delivery)
  • Ekonomis (low-cost)
  • Tahan terhadap gangguan elektromagnetis (EMF noise resilience)
  • Redundansi (redundant routing)

Walaupun awalnya CAN dirancang khusus untuk aplikasi otomotif namun sekarang umum digunakan pada bidang lainnya seperti untuk otomatisasi industri, peralatan medis, sistem perkereta-apian, maritim, hingga sistem penerbangan.

CAN bus berkerja dengan protokol berbasis pesan dengan standar untuk interkoneksi banyak titik (nodes) secara serial (multi-masterserial bus), dengan pesan dikirimkan secara dua arah (bidirectional, mengirim dan menerima) secara non-simultan (half duplex). Sebuah pesan (frame) terdiri atas ID yang merepresentasikan prioritas pesan diikuti oleh data hingga 8 byte plus CRC (cyclic redundancy check, untuk menguji validitas/integritas data), ACK / acknowledge, dsb.  Standar CAN FD (CAN with Flexible Data-Rate, diperkenalkan oleh Bosch tahun 2012) memperbesar kapasitas data hingga 64 byte per pesan.
Untuk antarmuka penghubung sirkuit pengendali dengan physical busdapat menggunakan CAN Controller Interfaceseperti IC PCA82C250.