Solenoid(komponen elektronika yang berupa katup mekanis yang dapat dibuka/ditutup secara elektris berdasarkan prinsip elektromagnetik) ini berguna sebagai keran elektris yang dapat mengatur bukaan/tutupan aliran air dari pipa 1/2" (12,7 mm).

Pada kondisi "normal" (saat tidak ada arus listrik mengalir pada koilnya), katup pada kondisi menutup dan aliran air terhambat (normally closed). Saat listrik arus searah (DC)bertegangan 12 Voltdialiri melalui koil, kumparan pada komponen ini akan menimbulkan medan magnet yang menarik katup terbuka (active open) sehingga air dapat mengalir melalui solenoid ini.

Untuk pengendalian melalui mikrokontroler dapat dilakukan dengan mudah melalui transistor (BJT maupun FET dengan tegangan pada collector/sourcesebesar 12V dan tegangan base/gate5V), atau menggunakan relay dengan koil bertegangan 5V dan kontak bertegangan 12VDC / lebih (misal: Songle Relay SRD-05VDC-SL-C).

Katup solenoid berukuran 50x85x80 mm dengan bobot 200 gram  ini mampu menahan tekanan air hingga 800 kPa (minimal 20 kPa), dengan temperatur air maksimal 95°C.

Catatan: