TEG/TGM — singkatan dari Thermo-Electric (Power) Generator Module — adalah pembangkit listrik termoelektrik yang bekerja berdasarkan efek Seebeck, di mana energi panas dari perbedaan suhu antara kedua permukaan komponen elektronika ini diubah menjadi energi listrik.

Komponen semikonduktor dengan nomor model SP1848-27145berukuran 40 x 40 x 3,4 mmini mampu membangkitkan tenaga listrik hingga 3,2 Watt (4,8 Volt, 669 mA) saat perbedaan panas pada kedua sisi permukaan komponen elektronika ini mencapai 100°C. Pada perbedaan suhu 20°C daya yang dihasilkan sebesar 210 mW (0,97V, 225 mA).

Berikut adalah tabel konversi perbedaan panas terhadap daya (Watt), beda potensial (V), dan arus (mA) berikut kurva grafiknya, tampak bahwa transformasi energi mendekati linear.


Catatan: Walaupun TEGdapat digunakan sebagai pengendali panas (pengaliran arus listrik dengan arah polaritas diatur oleh rangkaian elektronika untuk mengubah energi listrik menjadi perpindahan energi panas) seperti pada komponen Peltier semacam seri TEC, kegunaan utama TEG sebagai pembangkit tegangan listrik (mengubah energi panas menjadi energi listrik). Keduanya merupakan komponen termoelektris namun rancangannya berbeda untuk efisiensi maksimal sesuai fungsinya.