IC SS49Eadalah sensor efek Hall (Hall Effect Sensor IC) dengan keluaran linear yang proporsional terhadap kekuatan medan magnet yang terpapar pada komponen elektronika ini. Dengan memadukan rangkaian elektronika yang diperlukan dalam satu kemasan sirkuit terpadu, derau keluaran (output noise) dapat direduksi secara signifikan sehingga tidak lagi diperlukan penyaringan eksternal.

IC dengan kemasan 3-Pin SIP ini juga memuat penghambat film tipis (thin film resistors) untuk menjaga stabilitas dan akurasi pada kenaikan suhu sekitar. Linear hall sensor ini dapat beroperasi pada rentang suhu -40°C hingga +100°C sehingga cocok untuk digunakan baik pada peralatan sehari-hari maupun pada sistem otomatisasi industri. Tingkat sensitivitas tipikal sebesar 1,4 mV / Gauss, dapat merespon baik positif maupun negatif Gauss.

Untuk menggunakan sensor ini dapat digunakan catu daya dengan rentang tegangan antara 2,7 hingga 6,5 Volt, mengkonsumsi arus rata-rata sebesar 6 mA (maksimum 10 mA) dengan arus keluaran tipikal sebesar 1,5 mA. Kecepatan pengukuran (response time) berkisar 3 µs.

Sensor ini dapat diaplikasikan pada berbagai macam rangkaian elektronika, misalnya digunakan sebagai pendeteksi arus pada pemantau beban induktif, sensor anti pembobolan medan magnet pada sistem pengukuran utilitas, pengendali kerja pompa motor, pendeteksi pergeseran linear maupun angular sederhana, pendeteksi posisi batang kendali / throttle pada sepeda listrik dan skuter, pemicu pengaturan kecepatan, pembaca kode magnetik pada sistem keamanan, dsb.

Apabila Anda membutuhkan bipolar hall effect sensor IC dengan keluaran digital, toko komponen elektronika kami juga menjual IC Honeywell SS41Fdengan harga murah.