IC SST27SF020 SuperFlash MTPadalah Integrated Circuit Flash Memory yang dapat ditulisi berulang kali secara elektris, atau dikenal dengan istilah EEPROM(Electrical Erasable Programmable ROM). Memori pada memory chipini diorganisasikan dalam 256K x 8-bit (256 Kilobytes).

IC buatan Silicon Storage Technologyini memiliki dua versi yang menyatakan kecepatannya, SST27SF020-70 dengan kecepatan baca 70 ns (tercepat) dan SST27SF020-90 dengan kecepatan baca 90 ns (lebih lambat). Toko komponen elektro kami hanya menjual versi yang lebih cepat (SST27SF020-70) yang hanya membutuhkan waktu 70 nanosecond untuk proses pembacaan byte data. Dengan kecepatan ini artinya keseluruhan isi memori sepanjang 2 Megabit / 256 KB dapat dibaca hanya dalam waktu 18,35 milidetik.

Komponen elektro dalam kemasan PDIP-32 (Parallel Dual-Inline-Package32 pins) ini mengimlementasikan teknologi SuperFlash® yang merupakan teknologi NOR-Flash terpatenkan dari SST, divisi teknologi dari Microchip Technology (perusahaan pembuat mikrokontroler PIC) Teknologi ini kompatibel dengan teknologi CMOS, teruji selama lebih dari 15 tahun sebagai teknologi terandal dalam industri semikonduktor berbasis NOR-Flash yang melisensikan teknologinya pada perusahaan-perusahaan raksasa seperti IBM, Toshiba, Epson, dsb.

Kecepatan penulisan/pemograman chip ini adalah 20us / byte, yang berarti keseluruhan sel memori IC ini dapat ditulis / diprogram dalam waktu 5,6 detik. Untuk menghapus data tidak diperlukan sinar UV seperti pada EPROM, namun dapat dilakukan secara elektrik. Waktu yang dibutuhkan untuk proses penghapusan kurang lebih 100 ms (0,1 detik).

Semua pin I/O pada chip ini kompatibel dengan tingkatan signal TTL dan memenuhi standardisasi JEDEC untuk pinout EPROM dengan lebar byte (8-bit).

Catu daya yang digunakan IC ini adalah 5V DC ±10%, dengan maksimum konsumsi arus 30 mA.