IC TDA2030Aproduksi dari STMicroelectronics ini adalah IC penguat (amplifier) untuk aplikasi audio hi-fi yang dikemas dalam kemasan Pentawatt® yang ditujukan untuk digunakan sebagai penguat frekuensi rendah kelas AB. Daya keluaran tipikal dari IC ini sebesar 14 Watt (d = 0,5%) pada 14 Volt / 4 Ω.

Pada ±14V atau 28 Volt, produsen IC ini menjamin daya keluaran sebesar 12 W pada beban 4Ω dan 8 W pada 8 Ω (DIN45500). TDA2030 mampu menyalurkan arus keluaran yang besar dengan distorsi harmonik dan crossoveryang sangat rendah.

Pada chip ini juga terdapat sistem proteksi terhadap hubungan singkat (short-circuit protection system) yang didapat dengan mengatur serapan daya secara otomatis sedemikian tidak melebihi batasan operasional yang aman, selain itu terdapat sistem pemantau temperatur konvensional yang akan mematikan fungsi rangkaian saat kelebihan panas / overheating.

TDA2030 dapat bekerja pada rentang tegangan yang lebar hingga maksimal 36 Volt yang dapat dipasok menggunakan catu daya tunggal maupun terpisah (split power supply).