IC TDA7439dari STMicroelectronics adalah prosesor audio mixer bipolar/CMOS untuk mengendalikan kekerasan suara (volume control), pengendali nada 3 jangkauan / three-bands tone control(bass, mid-range, dan treble), dan keseimbangan / stereo balance control.

Dengan karakteristik TDA7439 yang berdistorsi rendah, tingkat derau minimal, dan fitur undakan DC (DC stepping), IC ini populer digunakan sebagai pemroses pada sistem Hi-Fi, terutama pada aplikasi suara pada mobil / vehicle audio system.

IC ini memiliki multiplekser masukan yang dapat memilih sumber suara dari 4 kanal stereo masukan (four stereo input selector), pemilihan volume suara antara 0 hingga -40 dB (skala logaritmik: 0, -1, -2, -3, -4, -5, -6, -7, -8, -16, -24, -32, dan -40 dB) dan moda bisu / mute, tone control dengan resolusi 2 dB antara -14 dB hingga 14 dB untuk masing-masing pita nada, pengendali atenuasi untuk pengeras suara(resolusi 1dB hingga atenuasi 8 dB, selanjutnya resolusi 8 dB hingga 72 dB).

klik pada gambar untuk memperbesar

Sensitivitas masukan / input-gain dapat dipilih secara digital antara 0 hingga 30 dB dengan resolusi 2 dB. Input gaindan fungsi pengendali lainnya dapat dipilih secara serial melalui protokol I2Cyang hanya membutuhkan 2-pin kendali (SDA untuk data dan SCL untuk sinyal sinkronisasi / clock), dengan demikian pengendalian audio secara digital dari mikrokontroler (audio control by MCU / microcontroller) sangat mudah dilakukandengan menggunakan IC TDA7439 ini.

Untuk pengguna Arduinodapat menggunakan pustaka fungsi siap pakai dengan mengunduh Arduino Library for TDA7439dari GitHub.

Catu daya tipikal (VS, Supply Voltage) IC ini sebesar 9 Volt DC dengan konsumsi arus tipikal 7 mA. Untuk aplikasi di kendaraan, Anda dapat menggunakam IC Linear Voltage Regulatorsemacam L7809 atau modul siap pakai Step-Down DC Converteruntuk mengubah tegangan aki mobil (12V) ke 9 VDC.

IC dalam kemasan SPDIP-30 (30 pin, pin pitch0.07", row spacing0.4") ini memiliki karakteristik tipikal sebagai berikut: penolak riak SVR / ripple rejectiontipikal 90 dB (minimum 60 dB), resistansi masukan tipikal 100 kΩ, clipping leveltipikal 2,5 kali VRMSpada THD = 0,3%, pemisahan masukan (SINInput Separation) tipikal 100 dB saat masukan terpilih dibumikan (grounded) lewat kapasitor 2,2 µF.