TL431adalah shunt regulator 3 terminal yang dapat disesuaikan dengan stabilitas termal yang dapat diandalkan dalam rentang suhu yang didukung.

Tegangan keluaran dapat diatur ke nilai apapun untuk VREF antara 2,5V±30mV hingga 36V cukup dengan menambahkan dua resistor eksternal. Komponen elektronika ini memiliki impedansi keluaran tipikal sebesar 0,2 Ω. Sirkuit keluaran aktif  memiliki karakteristik penyalaan (turn-on) yang sangat tajam , artinya komponen ini sangat baik untuk digunakan sebagaipengganti dioda Zener dalam banyak aplikasi seperti regulasi tegangan, pemasok listrik yang dapat disesuaikan , dan catu daya switching.

TL431 diproduksi dalam tiga kelas, masing-masing dengan toleransi awal (pada 25°C) sebesar 0,5% (kelas B), 1 % (kelas A), dan 2 % (kelas standar). Toko kami menyediakan kelas A (toleransi awal 1%). Sebagai tambahan, nilai pergeseran keluaran  oleh perubahan suhu yang rendah (low output drift over termperature) memastikan stabilitas yang baik dalam rentang suhu sesuai spesifikasi (0 - 70°C).

Apabila Anda membutuhkan komponen ini dalam bentuk SMD, toko komponen elektronika kami juga menjual IC UTC TL431 dalam kemasan SOT-23dengan harga murah.