TP-01adalah K-Type Thermocouple, komponen pengukur suhu (temperature-measuring device) yang memiliki linearitas yang cukup baik dan dapat bekerja pada rentang suhu yang lebar.

Thermocoupleadalah sensor pengukur suhu yang terdiri atas dua konduktor berbeda yang terhubung satu sama lain pada beberapa titik kontak. Pada saat  suhu pada satu titik kontak berbeda dari suhu referensi pada bagian lain dari sirkit, tercipta perbedaan tegangan potensial. Tegangan yang tercipta ini dapat diukur dan dikalkulasi untuk mendapatkan nilai suhu yang terukur.

Thermocouplebanyak digunakan pada aplikasi sensor suhu untuk keperluan pengukuran dan pengendalian, juga dapat digunakan untuk mengkonversi perubahan suhu menjadi elektrisitas. Kontras dengan metoda pengukur suhu lainnya, thermocouple dapat memasok dayanya secara mandiri (self powered) dan tidak memerlukan eksitasi secara eksternal.


Tipe K(chromel–alumel) adalah termokopel paling umum digunakan dengan tingkat sensitivitas sebesar 41 µV/°C (chromelmemiliki konstanta tegangan potensial yang lebih positif dibanding alumelsaat suhu pada titik temu / junction temperaturelebih tinggi dibanding suhu referensi).

Komponen elektronika ini cocok digunakan untuk pengukuran suhu dengan rentang lebar (antara 50° hingga 204°C) yang tidak terlalu mementingkan akurasi (apabila rangkaian elektronika Anda tidak  memerlukan ketepatan suhu yang sangat presisi pada resolusi di bawah satu derajat Celcius). Komponen ini sudah dipasangkan kabel glass-fiber sepanjang 1 meter dengan  jackkonektor bertipe Flat-InsertDIP.

Temperature Sensor Probe K-Type Thermocoupledengan nomor model TP-01ini dapat digunakan untuk mengukur suhu antara −50°C hingga +400°C (dapat bertahan pada lonjakan suhu sekejap hingga 650°C) dengan kontak langsung terhadap objek yang akan diukur (benda padat / gas, jangan digunakan untuk benda cair / liquid). Pada saat mendeteksi, ukur setelah kontak dengan objek terjadi selama minimal 5 detik.

Untuk memproses keluaran dari komponen ini Anda dapat menggunakan IC yang dirancang khusus untuk pengukuran menggunakan thermocouple, misalnya AD595, MAX6674/MAX6675, atau MAX31855.