Panel transparan ini digunakan sebagai alat pendeteksi sentuhan, sama seperti yang digunakan pada layar sentuh LCD/TFT namun tanpa layar tampilan. Jenis panel sentuh ini adalah jenis resistif 4-kabel (4-wire resistive touch panel).

Komponen elektronika ini dapat digunakan sebagai alternatif ekonomis untuk sistem sentuh di mana tidak dibutuhkan tampilan dinamis, atau sebagai tambahan sistem sentuh (touch add-on) pada layar tampilan yang belum memiliki fungsi masukan sentuh (touch input capability). Anda juga dapat menggunakan panel sentuh ini sebagai saklar dimmer di dinding dengan LED di bagian belakangnya yang menyala mengikuti sentuhan jari pengguna untuk menyalakan / mengatur kecerahan lampu, dan berbagai aplikasi lainnya.

Bidang sentuh yang tersedia setara dengan ukuran layar 4,3"(dimensi panel: 105 x 85 mm, dimensi bidang sentuh: 95 x 54 mm).

Untuk memroses data berupa posisi sentuh 4 kabel, Anda dapat menggunakan mikrokontroler dengan 4 kanal ADC. Untuk pengguna Arduino, tersedia Resistive Touch Panel library yang dapat Anda unduh untuk digunakan pada proyek rangkaian elektronika Anda.