IC ULN2803ini memuat 8 kanal pengendali-arah Darlington NPN (8-Channels NPN Darlington Drivers/ Darlington Transistor Arrays) yang masing-masing kanalnya dapat menyerap arus (sinking current) hingga 500 mA / 50 Volt. Setiap kanalnya merupakan Darlington Pair Transistoryang dirangkaikan dengan jepitan dioda (diode clamp) katoda-berbagi (common cathode) terpadu.

Komponen elektronika ini merupakan sirkuit terpadu yang sempurna untuk mengendalikan relay atau peralatan berdaya menengah seperti DC motor.

Untuk setiap Darlington Pair terdapat resistor basis berhambatan 2,7 KΩ untuk koneksi langsung dengan sinyal TTL atau peralatan CMOS bertegangan 5 Volt. Kecepatan switching untuk transisi dari logika HIGH ke LOW membutuhkan waktu hanya 20 ns, untuk LOW ke HIGH membutuhkan waktu 130 ns.

Untuk mengedali-arahkan arus yang lebih besar, Anda dapat merangkaikan pin-pin keluaran secara paralel. Harap perhatikan bahwa total keseluruhan arus yang dapat diserap IC ini maksimum sebesar 2,5 Ampere (bukan 4 A, simak datasheetbagian "Absolute Maximum Rating" untuk parameter "Total substrate-terminal current").