US-100adalah versi peningkatan dari US-020 Ultrasonic Sensor (kami tidak menjual US-020 karena pada kelasnya HC-SR04memiliki performa lebih bagus dibanding US-020) yang sudah dilengkapi dengan fitur kompensasi temperatur. Di kelasnya (ultrasonic range sensor with temperature compensation) US-100 merupakan modul sensor jarak terbaik.

Modul jarak ultrasonik bekerja dengan sistem sonar seperti yang digunakan pada kapal selam, yaitu dengan melepaskan sinyal dalam bentuk gelombang ultrasonik (gelombang suara dengan frekuensi sangat tinggi di luar jangkauan pendengaran telinga manusia) dan mengukur waktu hingga gelombang tersebut dipantulkan. Dengan mengetahui kecepatan suara di udara, kita dapat mengubah besaran waktu ini menjadi jarak dengan rumus: jarak = (selisih_waktu * kecepatan_suara_di_udara) / 2.

Fitur kompensasi suhu ini sangatlah penting untuk meningkatkan akurasi sensor sejenis ini berhubung kecepatan rambat suara di udara sangat terpengaruh oleh suhu / temperatur. Suara adalah sejenis energi kinetis. Molekul pada suhu tinggi memiliki tingkat energi lebih tinggi yang membuat mereka bergetar (vibrate) lebih cepat. Karena molekul ini bergetar lebih cepat, gelombang suara yang melewatinya dapat merambat dengan kecepatan lebih tinggi. Kecepatan rambat suara di udara pada suhu ruang (25°C) sekitar 346 meter per detik, sementara pada suhu beku (0°C), kecepatannya menurun menjadi 331 meter per detik. Untuk setiap derajat celcius kenaikan suhu, kecepatan rambatannya bertambah 60 cm per detik.

Ultrasonic Sonar Module / Distance SensorUS-100 ini mengukur suhu lingkungan (ambience temperature) dengan sensor suhu terpadu sehingga dapat mengkompensasi perbedaan suhu, menghasilkan pengukuran jarak yang sangat akurat.