usbASPadalah perangkat untuk mengunduh kode program AVR yang sudah dikompilasi ke bentuk HEX ke mikrokontroler AVR, atau biasa disebut sebagai AVR programmer. Modul USB in-circuit programmer ini merupakan varian implementasi dari open source hardware project oleh Thomas Fishcl.

Modul ini esensial dibutuhkan apabila Anda membuat rangkaian mikrokontrolerAnda sendiri atau saat Anda menggunakan development boardyang tidak memiliki modul programmer secara built-in seperti pada Arduino Pro Mini. Kelebihan seri DP dari varian usbASP ini adalah kemampuannya untuk bekerja pada dua tingkat tegangan catu daya: 3,3 Volt (misalnya untuk Arduino Pro Mini 3v3 / MCU AVR bertegangan 3,3 Volt) dan 5 Volt (Arduino Pro Mini 5V / IC AVR bertegangan 5 Volt).

Toko komponen elektronika kami juga menjual usbASP single voltage versiondengan harga yang lebih murah untuk Anda yang tidak membutuhkan tegangan catu daya ganda.

Anda dapat menggunakan berbagai macam piranti lunak pengunggah kode program (programmer/ code uploader) seperti avrDudeversi 5.2 ke atas(backend programmeryang digunakan Arduino IDE, console app); BASCOM-AVRversi 1.11.96 / lebih baru; Khazama AVR Programmer, eXtreme Burner - AVR, dan progISP(GUI programmer appuntuk sistem operasi Windows).

Catatan: pada usbASP, akan muncul peringatan "cannot set sck period". Pesan ini dapat diabaikan, firmware pada modul ini akan mendeteksi kecepatan transmisi (SCK = Serial/Sync Clock) secara otomatis.

Modul ini mendukung mikrokontroler sbb.:
Kami menjual modul usbASP-DP ini lengkap dengan kabel konektornya (IDC-10) dalam satu paket. Programmer ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows XP 32-bit hingga Windows 8.1 64-bit dengan menggunakan driver libusb (ikuti langkah-langkah berikut).

Catatan: untuk mengunggah kode program (uploading sketch) dari Arduino IDE, pastikan usbASPterpilih pada menu ToolsProgrammerdan gunakan perintah Upload using programmer(atau tekan tombol Shiftpada saat menekan tombol uploadyang berbentuk tanda panah ke kanan). Modul ini berkomunikasi melalui USB serial virtualizationdan tidak memiliki legacy comm port number.