Komponen transduser ultrasonicini digunakan secara berpasangan (pengirim sinyal / signal transmitterdan penerima sinyal / signal receiver) untuk mengirimkan / menerima sinyal ultrasonik yang merambat pada frekuensi (center frequency) 40±1 kHz. Penggunaannya dapat digunakan sebagai pendeteksi halangan, pengukur jarak, media komunikasi nirkabel, dan lain sebagainya.

Sinyal ditransmisikan secara asimetris dalam pita frekuensi selebar 1,2 kHz dengan kekuatan transmisi (sound pressure level) sebesar SPL = 120 dB pada frekuensi resonansi, 0 dB = 2x10-4µBar per 10 Vrmspada jarak 30 cm). Sensitivitas penerima sekurangnya -63 dB pada frekuensi resonansi, 0 dB = 1V µBar.

Impedansi nominal sebesar 900Ω, kapasitansi pada 1 kHz sebesar 2,4µF±25%. Transduser ini dapat dikendali-arahkan dengan arus bertegangan maksimum 120 Vp-ppada lebar pulsa 0,5ms dengan interval 50 ms.

Komponen elektronika ini dikemas dalam kemasan tabung berdiameter 16 mm berbahan alumunium dengan jarak antar kaki terminal sepanjang 10 mm. Ketebalan badan sensor ini setinggi 12 mm.