Modul elektronika VS1003Bberfungsi sebagai dekoder MP3(MPEG-1 Audio Layer-3 Decoder Module)yang mudah digunakan bersama dengan rangkaian elektronika berbasis mikrokontroler melalui antarmuka SPI (Serial Peripheral Interface).

IC VS1003B sendiri adalah sirkuit terpadu yang memuat MP3/WMA/MIDI Audio Decoderdan ADPCM (Adaptive Differential Pulse Code Modulationencoderdalam satu chip tunggal yang berintikan prosesor DSP (Digital Signal Processing) VS_DSP4 dan memori operasional 10 KB (5 KB untuk instruksi dan 5 KB untuk aplikasi), 4 GPIO, UART, ADC mono, dan DAC stereo, penguat earphone, dan common buffer.

VS1003 menerima masukan data serial dalam moda SPI  slave (dikendalikan oleh SPI master, misalnya dari mikrokontroler). Data tersebut diuraikan melewati pengendali volume digital menjadi 18-bit oversampling, multi-bit, sigma-delta DAC. Penguraian data (decoding) dikendalikan lewat buspengendali serial. Sebagai tambahan, dimungkinkan untuk menambahkan fitur spesifik pada tingkat aplikasi (misalnya efek DSP) lewat memori aplikasi yang tersedia sebesar 5 KB.

Modul sudah dilengkapi dengan sebuah mikrofon kondenserdan line-in audio pluguntuk masukan suara (analog input) serta stereo audio pluguntuk earphone. Apabila ingin dihubungkan dengan loudspeaker, keluaran audio ini dapat dihubungkan dengan penguat suara (audio power amplifier, misalnya modul PAM8403) eksternal. Untuk perekaman berkas disandikan dalam format IMA ADPCM(monaural).

Perhatian: Walaupun untuk tegangan catu daya cukup menggunakan single supply5VDC (modul sudah dilengkapi dua IC pengatur tegangan sebagai catu daya digital dan analog), modul ini bekerja dengan I/O busbertegangan 3,3 Volt, untuk pengendalian dari MCU 5V seperti Arduino Unogunakan SPI Level Converter, jangan dihubungkan langsung!