Modul elektronika Wi5 V2.0ini memungkinkan rangkaian elektronika berbasis mikrokontroler Anda mengakses jaringan Wi-Fidengan mudah karena modul ini berfungsi sebagai penghubung-penyesuai (adaptor) antara transmisi data sesuai standar protokol 802.11 b/g/n (jaringan WiFi) pada pita frekuensi 2,4 GHz dengan akses serial Serial UART dari MCU/ microcontroller unit.

Pada modul komunikasi nirkabel ini tertanam alamat MAC(Media Access Control address) yang unik untuk setiap modul, baseband processor, unit transmisi RF dua arah / Radio-Frequency Transceivers, penguat sinyal / signal power amplifier, program perangkat keras (firmware) untuk menangani konfigurasi dan protokol pertukaran data pada jaringan WiFi serta TCP/IP Protocol Stack.

Penyetelan konfigurasi dapat dengan mudah dilakukan melalui antarmuka konsol web terpadu maupun secara serial lewat AT-commands. Konfigurasi akan disimpan dalam EEPROM internal terpadu yang bersifat non-volatile/ data tidak hilang saat modul tidak mendapat pasokan daya.

Fitur keamanan mencakup dukungan terhadap moda proteksi WEP dan WPA/WPA2.

Selain akses serial RX/TX, modul ini juga memiliki 3 pin keluaran digital dengan kemampuan PWM untuk penggunaan umum (General Purpose Output) sehingga dapat mengendalikan berbagai peralatan tanpa bantuan MCU (stand-alone control).

Modul wireless communication berukuran kecil (22 x 13,5 mm) ini mendukung WiFi SmartLink dan WPS, hemat daya dengan hanya mengkonsumsi 10 mA arus pada saat moda siaga aktif dan 200 mA pada saat pertukaran data.

Antarmuka kendali sebanyak 10 pin tersusun pada satu sisi dengan jarak antar pin 2.00 mm (0.07"), pemetaan pin dapat dilihat di bagian konfigurasi pin di bawah ini.



Toko komponen elektronika kami menjual WiFi module ini lengkap dengan kabel IPEX dan Wi-Fi Antenna, Anda tidak perlu membeli kabel dan antena secara terpisah.



  1. GND: ground
  2. 3v3: Pasokan Catu Daya 3,3 VDC
  3. RELOAD: Bila ditahan lebih dari 5 detik akan mengambil ulang konfigurasi default sesuai setelan pabrik, ditahan kurang dari 3 detik akan memasuki moda konfigurasi SmartLink
  4. RESET: Tahan lebih dari 10 detik untuk melakukan Hard Reset (perlu pull-up resistor)
  5. RX: Penerima transmisi data serial (UART Receive Line)
  6. TX: Pengirim transmisi data serial (UART Transmit Line)
  7. NC: Tidak terhubung / No Connection
  8. PWM/ GPIO/ WPS: tarik ke ground (LOW) untuk mengaktifkan fungsi WPS
  9. PWM/ GPIO/ READY: dapat dihubungkan dengan LED untuk menunjukkan operasi sedang aktif
  10. PWM/ GPIO/ LINK: dapat dihubungkan dengan LED sebagai indikator status operasi (berkedip cepat saat menunggu masukan setelan, berkedip lambat saat memasuki moda SmartLINK)
Catatan: pin 8, 9, dan 10 dapat digunakan sebagai PWM / GPIO dengan perintah AT+LPTIO=on

Perhatian: Modul ini menggunakan catu daya 3,3 Volt, demikian juga semua jalur I/O hanya menerima sinyal 3,3 Volt. Apabila digunakan dengan mikrokontroler berbasis 5V (misal: Arduino Uno), gunakan Level Converter 5V ↔ 3v3.