Kit sensor berat / weight sensor kit ini berisi dua modul: single point load cell 20 Kgberbahan Aluminium-alloydan modul ADC (Analog-to-Digital Converter) 24-bit berpresisi sangat tinggi menggunakan IC HX711 Weight Scale Sensor yang memang dirancang khusus untuk penggunaan pada sensor berat.

Load Celladalah transduser (transducer, komponen elektronika yang dapat mengukur besaran fisik menjadi sinyal elektris) yang dapat mengubah tekanan oleh beban menjadi signal elektrik. Konversi terjadi secara tidak langsung dalam dua tahap. Lewat pengaturan mekanis, gaya tekan dideteksi berdasarkan deformasi dari matriks pengukur regangan (strain gauges) dalam bentuk resistor planar. Regangan ini mengubah hambatan efektif (effective resistance) empat pengukur regangan yang disusun dalam konfigurasi jembatan Wheatstone (Wheatstone bridge) yang kemudian dibaca berupa perbedaan potensial (tegangan).

Karena perbedaan yang terukur sangat kecil dalam orde µV (mikro Volt, sepersejuta Volt), dibutuhkan rangkaian pengubah sinyal analog menjadi digital yang sangat presisi, untuk itulah pada kit ini kami menyertakan modul HX711 yang beresolusi 24 bit (16,7+ juta undakan pada tangga ADC).

Dengan tingkat presisi setinggi ini, Anda dapat mengukur berat beban dalam resolusi 20 Kg / 224 atau setara dengan ketepatan 1,49 mg (0,00149 gr). Tingkat akurasi ini jauh melebihi kebutuhan rata-rata dari aplikasi pengukur berat hingga beban 20 kg, misalnya sebagai pengukur berat pada jasa ekspedisi, timbangan komersial pada perdagangan, dsb.

Spesifikasi Teknis Load Celldi paket ini:
Spesifikasi Teknis modul HX711 Weight Scale ADC Module:
  • Dua kanal ADC (dapat digunakan untuk 2 load cell) dengan keluaran TTL (serial tersinkronisasi, DI dan SCK).
  • Tegangan opersional 5 Volt DC
  • Tegangan masukan diferensial ±40 mV pada skala penuh
  • Akurasi data 24 bit (24-bit ADC)
  • Frekuensi pembacaan (refresh rate) 80 Hz
  • Konsumsi arus kurang dari 10 mA
  • Ukuran: 38 x 21 mm dengan berat 20 gram
Berikut skematik sirkuit rangkaian elektronika dari modul sensor berat HX711 ini:

Toko komponen elektronika kami juga menjual paket sensor pengukur berat untuk beban hingga 5 Kg dengan tingkat akurasi sangat tinggi, silakan cek harga dan ketersediaan stok secara online di katalog ini.
Pemetaan kabel pada Load Cell sbb.:
Masukan / input: kabel merah (E+) dan hitam (E-)
Keluaran / output: kabel hijau (A+ atau B+) dan putih (A- atau B-)

Untuk pinout HX711 terlihat dengan jelas dengan label yang tercetak pada PCB. Sisi dengan 6-pin terdiri atas AVDD(E+), GND(E-), 2 pin untuk kanal A (A-, A+), dan 2 pin untuk kanal B (B-, B+). Sisi dengan 4-pin untuk dihubungkan dengan MCU: ground(GND), data (DT), serial clock sync(SCK), dan catu daya 5V (VCC). Untuk pengguna Arduino development board, pustaka untuk mengakses sensor ini dapat diunduh dari github, tautan terlampir di bawah ini.