Yamaha YM2151, juga dikenal sebagai OPM (FM Operator Type-M) adalah IC suara (sound chip) delapan kanal, empat operator. Komponen elektronika ini merupakan implementasi chip sintesa FM (Frequency Modulation / FM synthesis) pertama buatan Yamaha, dibuat untuk digunakan pada organ / keyboardseri Yamaha DX. Yamaha juga menggunakannya dalam beberapa piano elektrik seperti YPR-7, YPR-8, dan YPR-9. Chip ini juga dipakai pada beberapa mesin permainan arcade (atau di Indonesia sering disebut "mesin ding-dong"), digunakan pertama kali di game Marble Madness buatan Atari, yang kemudian dilisensikan oleh banyak perusahaan pembuat game seperti Sega, Konami, Capcom, Data East Pinball and Namco. Selain itu komponen elektro ini juga digunakan di komputer rumahan (home computer) era 80-an seperti komputer Sharp X1 dan Sharp X68000.

Selanjutnya chip ini digunakan di unit sintesa suara FM Yamaha SFG-01 dan SFG-05, unit ekspansi untuk prosesor MSX seperti Yamaha CX5M. Belakangan modul SFG-05 diisikan YM2164 (OPP), sebuah chip yang nyaris identik yang berbeda hanya di beberapa register yang tidak terdokumentasi. Seri SFG ini kemudian diikuti oleh seri FB-01, versi standaloneyang mendayagunakan YM2164 secara eksklusif. YM2151 dipasangkan dengan konverter digital ke analog (DAC) stereo YM3012 atau monofonik DAC YM3014 sehingga keluaran dari pembangkit suara FM ini bisa disambungkan ke pengeras suara (speaker) sebagai signal audio analog.

Anda dapat mencoba chip YM2151 ini mencoba emulasi piranti lunak (software emulation) menggunakan aplikasi VOPMyang berbasis VSTi. Aplikasi ini populer karena kemampuan emulasi suaranya yang sangat mendekati hardwareaktual YM2151. Aplikasi ini juga berguna saat merancang perangkat elektronika yang menggunakan chip YM2151 karena hasil keluaran dapat diuji coba di lingkungan pengembangan sebelum diimplementasikan pada rangkaian elektronika secara aktual.